Minggu, 27 Januari 2013

CARA MEMBUAT WALLPAPER


Bagaimana Cara Membuat Wallpaper untuk Laptop Anda?
Wallpaper adalah salah satu cara menghiasi layar laptop Anda agar jauh dari kesan membosankan dan monoton. Banyak wallpaper yang tersedia di luar sana yang bisa Anda unduh secara gratis dan dengan corak yang beragam. Namun terkadang dari sekian banyak wallpaper yang disediakan di luar sana, beberapa pengguna terkadang ada yang tidak cocok dengan selera.
Maka satu-satunya cara untuk mengatasi hal tersebut adalah membuat wallpaper yang unik dan tidak pasaran sesuai dengan kreasi dan keinginan Anda sendiri. Maka pada tulisan kali ini,Paseban akan memberikan Anda panduan bagaimana cara membuat wallpaper kreasi Anda sendiri.
Cara membuat wallpaper pertama adalah Anda harus melakukan cek terlebih dahulu pada resolusi layar laptop Anda, karena resolusi layar ini dijadikan patokan untuk membuat wallpaper yang sesuai dan tentunya pas dengan layar laptop Anda. Setelah itu Anda bisa menggunakan program desain untuk membuat wallpaper untuk laptop Anda, seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, dan lain-lain. Untuk mengetahui langkah selanjutnya maka ikuti ulasan Paseban di bawah ini.
Cek Resolusi Layar Anda
Untuk mengetahui resolusi layar Anda, pergi ke:
  • Klik tombol Start dan arahkan ke Control Panel untuk menampilkan jendela Control Panel.
  • Untuk sistem operasi Windows XP double-click “Display” untuk menampilkan kotak “Display Properties”. Untuk Windows 7, Anda arahkan mouse Anda ke “Appearance and Personalization” dan klik “Adjust screen resolution”.
  • Pada sistem operasi Windows XP klik “Settings” tab. Pada bagian bawah sebelah kiri merupakan informasi dari resolusi layar Anda, yang mana sebesar 1024x768 piksel. Anda akan memasukkan nilai ini untuk nilai file baru pada Adobe Photoshop.
Sedangkan untuk Windows 7, setelah Anda klik “Adjust screen resolution”Anda akan menemukan resolusi dari layar Anda pada menu dropdown resolution.
Membuat Wallpaper
  • Buka program image-editing Anda. Pada contoh ini menggunakan Adobe Photoshop.
  • Klik “New” pada menu “File” untuk menampilkan dialog box yang baru. Masukkan nilai dari resolusi layar Anda yang telah Andacek sebelumnya pada “Width” dan “Height”dropdowns dan pilih “Pixels.” Gunakan “Resolution” 72. Pada contoh ini menggunakan width 1024 dan height 768.
  • Klik tombol “OK” untuk menampilkan jendela dokumen.
  • Mulailah menggambar sesuai dengan kreasi Anda sendiri atau import gambar dari komputer Anda ke jendela dokumen ini. Anda mungkin harus melakukan resize gambar yang Anda masukkan ke jendela ini agar sesuai atau fit dengan dokumen yang telah Anda atur ukurannya.
  • Simpan gambar yang telah Anda lakukan pengaturan pada resolusinya. Untuk menyimpan gambar ini, gunakan opsi “Save for Web”dari menu “File”. Beri nama file pada gambar Anda tadi dan simpan dengan kualitas 13.
Menerapkan Wallpaper
Untuk Windows XP
  • Klik tombol “Start” dan double-click “Control Panel” untuk menampilkan jendela “Control Panel”.
  • Double-click “Display” untuk menampilkan kotak dialog "Display Properties".
  • Klik tab "Desktop" lalu klik tombol "Browse" untuk menampilkan kotak dialog "Browse".
  • Navigasikan kepada file yang telah Anda buat tadi yang ingin Anda gunakan sebagai wallpaper Anda. double-click file Anda dan nantinya Anda akan menemukan file Anda pada layar kecil sebagai preview wallpaper Anda.
  • Klik tombol “OK” untuk menutup dialog box yang telah Anda buka tadi dan untuk menggunakan file Anda tadi sebagai wallpaper laptop Anda.
Untuk Windows 7
  • Arahkan pointer mouse Anda ke folder tempat destinasi Anda menyimpan file gambar Anda tadi.
  • Klik kanan pada file Anda tadi dan pilih set as desktop background untuk menjadikan file Anda sebagai wallpaper laptop Anda.
  • Setelah itu tutup jendela dari folder Anda tadi untuk melihat hasil dari wallpaper baru Anda.
Dan satu lagi tips untuk pemilihan wallpaper pada laptop Anda adalah gunakan gambar atau wallpaper yang tidak akan menyamarkan ikon yang terdapat pada desktop Anda, terutama untuk penggunaan di area terang seperti di bawah lampu dan di pancaran sinar matahari

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar